Yendi Doankz

Liberal Thinking

JAJAHAN INGGRIS vs JAJAHAN BELANDA apa bedanya?

Saya ada pengalaman yang kurang berkenan dengan pemikiran saya. sebut saja pada saat itu dosen saya mengatakan apakah yangkita rasakan atas penjajahan belanda. Dosen tersebut menanyakan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, dan tentunya tidak semua mahasiswa mendapat pertanyaan, berhubung yang mengambil mata kuliah tersebut banyak. Kemudia dia berkata “apa bedanya negara yang dijajah inggris dengan negara yang dijajah belanda?”. kemudian beliau melemparkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa. Dan salah satu mahasiswa tersebut menjawab “negara yang dijajah inggris maju dibandingkan dengan negara yang dijajah oleh belanda”

Pada saat itu saya dapat menerima alasan rekan saya tersebut, karena apabila kita perhatikan negara yang terkenal didunia dan negara yang maju adalah negara bekas jajahan inggris sebagai contoh: negara singapura, malaysia dsb, tetapi saya tidak bisa menerima alasan tersebut, terlalu lemah menggunakan alasan tersebut hanya untuk menunjukkan maju tidaknya suatu negara hanya dengan siapa yang pernah menjajahnya, mungkin bisa diterima alasan tersebut dan itu merupakan salah satu faktor saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan suatu negara bisa dikatakan maju, lalu apakah negara-negara yang menjadi anggota persemakmuran merupakan negara-negara maju anda bisa lihat di link berikut ini:

http://id.wikipedia.org/wiki/Negara-Negara_persemakmuran

Di link tersebut kita bisa mengetahui seluruh anggota persemakmuran. Dan kita bisa melihat bahwa negara tersebut tidak seluruhnya merupakan negara maju. Bahkan bisa dikatakan ada negara yang masih berada dibawah indonesia dalam tingkat kemajuannya. Hal ini sudah membuktikan bahwa siapa yang menjajah tidak mempengaruhi suatu negara maju atau tidak!. Dan sayangnya banyak orang yang berpikiran bahwa bekas jajahan inggris lebih pintar dibandingkan bekas jajahan Belanda, ironis sekali bagi orang yang berpikiran demikin. Masih terlalu dangkal untuk membuktikan kebenarannya!

dan apa yang membuat negara kita kalah dibandingkan oleh negara-negara tetangga bukanlah karena mereka jajahan inggris, yang membuat negara mereka maju adalah hasil dari usaha mereka sendiri. Dan perlu dipikirkan negara-negara tersebut bisa dikatakan lebih maju dibandingkan dengan indonesia karena memiliki perbedaan dengan negara-negara tersebut, penyebab negara indonesia tidak maju disebabkan loeh beberapa faktor antara lain:

1. Keadaan geografisnya,

2. Tidak meratanya ekonomi,

3. Permainan politik yang “kotor”,

4. Mental bangsa yang bobrok.

Hal tersebutlah yang mengakibatkan kenapa bangsa ini sulit maju, terutama faktor yang pertama, bila dianalisa lebih dalam, letak geografis kita yang sangat strategis, sekaligus merupakan kelemahan bagi kita, dengan banyaknya pulau-pulau sehingga jalannya pemerintahan tidak terkonsentrasi, hal ini berbeda bila dibandingkan dengan negara singapura yang hanya memiliki daerah yang begitu kecil, sehingga bisa dengan mudah diaturnya. Saya yakin jika Indonesia hanya seluas wilayah singapura, Indonesia tidak akan kalah majunya dengan negara-negara lain.

Kesimpulan:

Bahwa maju tidaknya, pintar tidaknya suatu negara buakn ditentukan oleh siapa yang menjajah, masih banyak faktor yang lain yang menyababkan suatu negara itu bisa maju, pada akhirnya maju mundurnya suatu negara terletak pada bangsanya sendiri, bukan bangsa lain, apalagi penjajah. Tidak ada penjajahan yang menguntungkan suatu bangsa. hal inilah yang membuktikan bahwa setiap negara yang pernah diijajah oleh bangsa lain selalu berjuang untuk kemerdekaan bangsanya!, termasuk singapura dan malaysia!!

NB: Mohon komentar dan kritiknya

About these ads

September 13, 2008 - Posted by | pemerintahan

23 Komentar »

  1. apaan tu ????????????????????????????????

    tapi tulisan lo bagus juga,
    ngomong2 skirip udah selesai belum…

    kalau skrip lo kayak gini gw kasih nilai 7.5

    Komentar oleh san | September 14, 2008 | Balas

  2. kualitas manusia (IQ) dan Hukumnyalah yg menentukan nasib bangsanya

    Komentar oleh sasa | Agustus 30, 2009 | Balas

  3. thank’s…

    Komentar oleh vian | Mei 7, 2011 | Balas

  4. gw lebih setuju, negara qita tidak kurang maju dan tidak semaju negara tetangga terdekat qita adalah karena mental pemimpin ato mungkin orang qta “secara umum” yang bobrok, “andai” qta tidak “memberontak” kpada pemerintahan Belanda, “mungkin” qta akan lebih maju, mungkin sisa pembangunan belanda, sperti jalan, kereta api, bank (BNI, BTN itu awalnya adalah bentukan belanda), undang-undang pidana & perdata (kita masih pakai yang itu), bisa di jadikan indikator, dan pembanding dengan pembangunan yang negara qita sendiri lakukan semenjak yahun 1945?,
    kebrobrokan semakin terlihat khususnya semenjak pemerintahan orde lama, saya melihat pada saat pemerintahan belanda, mereka mengupayakan pemerintahan secara desentralisasi dan bukan sentralisasi seperti saat ini, yang artinya semua pajak, dan penghasilan daerah lain di Indonesia harus di serahkan dulu ke pusat (jawa), dan dari sanalah (juga karena efek kebrobrokan mental) yang mengakibatkan pembangunan ekonomi dan lain-lain tidak merata

    Komentar oleh Evran Januar Tarigan | April 2, 2012 | Balas

    • yep…
      saya setuju sekali dengan anda. indonesia terlalu sentral. hanya terpusat dijawa. terlalu banyak orang rakus.

      Komentar oleh saintligouri | Mei 9, 2013 | Balas

  5. tak ada perbedaan tentang isu tersebut,kenapa negara bekas jajahan inggris bisa maju daripada jajahan belanda,tergantung individunya saja,

    Komentar oleh muhammad faisal hidayat | April 13, 2012 | Balas

  6. gmana kalo dijajah malaysia>>>>>

    Komentar oleh alink | Agustus 6, 2012 | Balas

    • kita aja yg jajah mereka mas, hahahahaha

      Komentar oleh yendiidney | November 7, 2012 | Balas

  7. Jajahan inggris spt malaysia tdk perlu perang spt indonesia.

    Komentar oleh indah kulihat dirimu | Oktober 3, 2012 | Balas

  8. yayaya,, aku sepakat sama artikel anda..
    bahwa tidak ada penjajah yang menguntungkan, yang ada hanyalah menyisakan kehancuran..

    Komentar oleh Hoffie DimanaMana | November 6, 2012 | Balas

  9. yayaya,, aku sepakat sama opini saudara..
    bahwa tidak ada penjajah yang menguntungkan, yang ada hanyalah menyisakan kehancuran..

    Komentar oleh Hoffie DimanaMana | November 6, 2012 | Balas

  10. tapi kan negara bekas koloni penjajah itu akan terpengaruh sm negara yg pernah menjajahnya.

    Komentar oleh Onadio | Januari 28, 2013 | Balas

  11. Jika melihat keadaan terjajah dulu, dijajah belanda atau jepang yang sangat kejam,maka lenih naik dijajah ingfris,agar nisa maju seperti hongkong,malaysia,,australia, dll,namun nila judulnya sekarang, ya jelas tidak enak dan tidak akan mau dijajah oleh negarammanapun, karena Indonesia telah pandai, hanya sayang,sekarang penjajahnya bangsa sendiri yang korupsi, seperti DJOKO SUSILO! polisi kok korup baru ketahuan sekarang…..hahaha.dulu kemana aja,ke laut?

    Komentar oleh chris | Maret 19, 2013 | Balas

  12. Jika melihat keadaan terjajah dulu, dijajah belanda atau jepang yang sangat kejam,maka lebih baik dijajah inggris,agar bisa maju seperti hongkong,malaysia,,australia, dll,namun bila judulnya sekarang, ya jelas tidak enak dan tidak akan mau dijajah oleh negara manapun, karena Indonesia telah pandai, hanya sayang,sekarang penjajahnya bangsa sendiri yang korupsi, seperti DJOKO SUSILO! polisi kok korup baru ketahuan sekarang…..hahaha.dulu kemana aja,ke laut?

    Komentar oleh chris | Maret 19, 2013 | Balas

  13. inggris menjajah tapi juga membangun mencerdaskan, belanda? apa belanda jadi bahasa kedua di negara kita? fuck no! negara kita yg masih pake hukum peninggalan belanda, apa lantas efektif mengatur? fuck no! belanda udah melegalkan sesama jenis, prostitusi merajalela, indonesia mau ikutan? silahkan….

    Komentar oleh Fak belanda | April 2, 2013 | Balas

  14. bukan penjaja penyebap maju tidaknya indonesia tetapi karena memang sistim negara indonesia ini yang tidak jelas. terlalu melibatkn agam dalam setiap politik ataupun sisitim diindonesia.

    Komentar oleh saintligouri | Mei 9, 2013 | Balas

  15. Butuh pemimpin yg berani dalam mengambil keputusan untuk bisa memajukan indonesia

    Komentar oleh ratno wibowo | Mei 28, 2013 | Balas

  16. ya kalo georafisnya indonesia sangat strategis jadi kurang tepat untuk dijadikan alasan, yang paling terbukti adalah sikap mayoritas bangsa kita pemalas dan selalu memikirkan kepentingan pribadi daripada negaranya.

    Komentar oleh saefudin | Juni 18, 2013 | Balas

  17. negara kita memang sudah merdeka dari belanda tetapi kita masih di jajah oleh rakyatnya sendiri yaitu (KORUPTOR) arti dari koruptor (Komplotan Orang RUPa Tikus otak kotOR) ada pantun TIKUS MATI KE INJAK SAPI KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI

    Komentar oleh jastro putro jowo | Oktober 16, 2013 | Balas

  18. belanda atau inggris sama saja yg penting bebas dari penindasan by poetra (ABCD) Anak Balong Cinta Damai

    Komentar oleh jastro putro jowo | Oktober 16, 2013 | Balas

  19. menurut saya berpengaruh lah…. walaupun hanya 0,00 brp persen… sejarah yang kelam sih… belum lagi pembangunan yang dimanfaatkan pihak2 asing. yg pastinya pihak asing tersebut lebih memilih untung sendiri dan mengkesampikan kemakmuran di Indonesia. Dijajah lagi deh kita,,,,

    Komentar oleh retno | Desember 17, 2013 | Balas

  20. thnks info

    Komentar oleh thnks info | Februari 3, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: